Senin, 25 Januari 2016


Mulai 26 januari hingga 20 Februari 2016 mendatang, warga Indonesia berpotensi menyaksikan salah satu fajar terindah. Lima dari delapan planet anggota tata surya akan terlihat sekaligus sebelum matahari terbit.
Seluruh Indonesia bisa melihatnya.
Fenomena itu tak terjadi setiap saat. Terakhir, tampilnya lima planet sekaligus terjadi pada akhir tahun 2004 hingga pertengahan 2005. Jadi, fenomena ini layak untuk disaksikan.

Lima planet yang akan tampil di angkasa dalam fajar terindah itu adalah Mars, Venus, Jupiter, Saturnus, dan Merkurius. Kelimanyabisa dilihat dengan mata telanjang.
Berdasarkan aplikasi astronomi Stellarium, Venus merupakan planet yang akan tampak paling terang. Magnitudonya -3,4. Magnitudo menyatakan kecerlangan benda langit, makin kecil nilainya, makin terang penampakannya.
Jupiter akan menjadi planet tercerlang kedua dengan magnitudo-1,95. Planet ini merupakan satu-satunya yang akan tampak di sisi barat.
Merkurius dan Saturnus akan tampak paling redup, magnitudonya0,21 dan 0,73. Namun, dalam kondisi langit cerah dan gelap, keduanya masih bisa diamati dengan mata telanjang.
 Mars cukup terang dan mudah dibedakan karena warnanya yang kemerahan.Cara Pengamatan Kunci tampaknya benda langit adalah cuaca, magnitudo, halangan, dan tingkat kegelapan di masing-masing lokasi.Cuaca dan magnitudo harus diterima apa adanya. Kalau mendung, berarti Anda harus mencari waktu lain untuk mengamati. Tapi jangan khawatir, Anda punya waktu hampir sebulan untuk menikmati fenomena fajar indah ini.Lokasi bisa dicari. Lokasi seperti lapangan dekat rumah, tepi pantai, atap gedung, dan taman yang luas akan membantu memudahkan pengamatan.
 Pilih tempat yang minim halangan.Tapi, pertimbangkan juga polusi cahaya di lokasi pengamatan.
 Di wilayah pedesaan yang gelap, benda-benda langit akan lebih mudah diamati daripada di kawasan kota. Intinya, pilih lokasi yang segelap mungkin.
Oh iya,bintang dan planet tentunya berbeda
Salah satu cara untuk membedakan antara planet dan benting adalah cahayanya. Bintang akan tampak berkedip, sementara planet tidak.Waktu pengamatan terbaik adalah sekitar pukul 4.30 - 5.00 pagi. Pengamatan setelah pukul 5.00 mungkin akan sulit karena terang cahaya matahari akan memburamkan planet.

Ok teman,bagi anda pecinta astronomi semoga tidak ketinggalan

sumber;tribun jambi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar