Senin, 18 Januari 2016

Digital Money Untuk Modernisasi Ekonomi

Jogjakarta,19 januari 2016. //Sahabat "siDOT.com" yang saya cintai,kali ini kembali saya ingin mencurahkan isi pikiran sederhana saya untuk sekedar sharing atau malah mungkin saran buat negeri ini.Berbicara masalah ekonomi mungkin jauh dari keahlian saya, tapi sedikit akan saya berikan yang saya tahu tentang teorinya saja.Ekonomi tentu saja merupakan bagian paling atas dalam urutan kesejahteraan hidup,baik untuk individu maupun masyarakat satu bangsa umumnya.Dan satu hal yang tak bisa dipisahkan dari ekonomi adalah keuangan atau kita pakai istilah UANG saja biar ringkas.Saat ini seiring kemajuan zaman kita sudah disuguhi dengan adanya Digital Money atau Uang Digital.Apa itu Uang Digital?Untuk saat ini di Indonesia Uang Digital mungkin hanya dijadikan semacam alat untuk mempraktis kan transaksi jual beli.Mungkin untuk kedepannya Uang Digital bisa dijadikan sistem pokok tanpa ada lagi Uang Fisik (baik uang kertas/uang logam) dalam sistem ekonomi bangsa.Secara sederhana mungkin wacana ini mudah diterapkan jika suatu negara sudah memenuhi 100% penduduk dengan pemahaman era digital .Tapi tentu sulit diterapkan jika mayoritas penduduk masih buta internet atau malah buta aksara.Ok..kita berandai andai saja...Misalkan di Indonesia ini diterapkan sistem Uang Digital.Negara tak perlu lagi mencetak Uang kertas/logam.Negara bertransaksi sepenuhnya dengan digital card (kredit card,debit card ataupun sejenisnya)atau dapat pula transaksi menggunakan account situs sejenis paypal dan sejenisnya.Dan kekayaan kita hanya berupa angka dalam bentuk saldo rekening .Bukankah itu lebih praktis?..dan tentunya Negara juga bisa menghemat anggaran untuk mencetak uang kertas/logam atau dalam istilah ekonomi Uang Kartal...Untuk menerapkan sistem uang digital tersebut tentu saja merubah total seluruh sistem perekonomian negara.Dimulai dari warung sembako,pedagang kaki lima,sampai tingkat paling atas harus sudah siap dengan pembayaran era digital ini.Mungkin bagi orang awam ini seperti lelucon tapi percayalah ,kita sudah semakin dekat untuk sampai pada waktu dimana semua harus terpaksa menerapkan sistem ini "Digital Money".Kalau melihat dari perkembangan sistem digital dari waktu kewaktu maka dapat kita sadari bahwa pemahaman dan pemraktekannya setiap tahun selalu meningkat.Jadi bukan suatu kemustahilan jika suatu saat nanti Uang Kertas/logam akan punah dan diganti dengan Uang Digital.Dan satu lagi kelebihan sistem ini adalah meminimalisir laju inflasi.Karena dengan suatu siatem yang praktis tentu mengakibatkan penghematan.dan suatu penghematan akan menguatkan sistem itu sendiri yang dampaknya tentu akan menguatkan pula Nilai mata uang tersebut.Well...ini sekedar sharing buat teman semuanya.hanya sekedar ngobrol pengisi waktu luang kita.Kalau kalian semua menuntut kebenaran dari teori saya ini tentu jauh dari relevan.Karena modal saya cuma opini.Modal ilmu ekonomi saya tidak punya..meskipun waktu SMA saya di jurusan IPS..hhe..(tapi di mata pelajaran ekonomi saya jeblog).Ok ..terimakasih telah bersedia mampir.Saya sangat berterimakasih jika ada teman sekalian yang mau berbagi baik kritikan atau mungkin tambahan untuk artikel saya ini.wassalamualaikum.wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar