Jumat, 08 Januari 2016

Beberapa Alasan Kenapa Letak Kancing Baju Pria Dan Wanita Berbeda


Sejak dulu banyak orang dibuat bingung mengapa kancing baju pria dan wanita diciptakan berbeda? Tapi banyak juga yang menjadikan ciri ini sebagai penanda untuk seseorang menentukan apakah kemeja ini milik pria atau wanita, selain dilihat dari jahitan pada bagian belakang punggung untuk memberikan kesan langsing pada kemeja wanita.
Mereka yang bingung biasanya akan tahu jika kancing untuk baju wanita terletak di sebelah kiri, sedangkan untuk baju pria pada sebelah kanan. Ternyata segala sesuatu diciptakan tentu saja ada alasan serta memiliki fungsi tersendiri termasuk letak kancing pada baju pria dan wanita yang berbeda posisi ini.

Alasan sejarah fashion pertama menyebutkan perbedaan letak kanan dan kiri kancing ini dibuat pada era Renaissance dan Victorian di Eropa.
Kala itu, para wanita bangsawan cenderung dibantu saat akan memakai baju oleh pembantunya. Letak ini tentu untuk mempermudah mereka yang membantu mengancingkan baju.
Sedangkan para pria bangsawan cenderung memakai baju sendiri sehingga posisi kancing mereka berada di posisi sebaliknya.

Alasan berikutnya menyebutkan jika letak kancing yang berlawanan ini berasal saat zaman pria berperang dan membawa senjata.
Hal ini dikaitkan karena para pria lebih sering menggunakan tangan kanan untuk memegang senjata. Posisi kancing ini untuk memudahkan tangan kanan ketika hendak mengambil senjata yang disembunyikan di dalam baju mereka.

Yang terakhir karena alasan para wanita yang sedang menyusui bayinya. Wanita lebih terbiasa menggendong bayi di sebelah kiri.
Dengan posisi kancing yang diciptakan disebelah kiri dipercaya akan mempermudah wanita untuk membuka dan menutup kembali baju sebelum atau setelah menyusui ketika berada di tempat umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar